Ahad, 28 Mei 2017

16:17-23 Tafsir Surah An Nahl, ayat 17-23.

أَفَمَنْ يَخْلُقُ كَمَنْ لا يَخْلُقُ أَفَلا تَذَكَّرُونَ (١٧) وَإِنْ تَعُدُّوا نِعْمَةَ اللَّهِ لا تُحْصُوهَا إِنَّ اللَّهَ لَغَفُورٌ رَحِيمٌ (١٨) وَاللَّهُ يَعْلَمُ مَا تُسِرُّونَ وَمَا تُعْلِنُونَ (١٩) وَالَّذِينَ يَدْعُونَ مِنْ دُونِ اللَّهِ لا يَخْلُقُونَ شَيْئًا وَهُمْ يُخْلَقُونَ (٢٠) أَمْوَاتٌ غَيْرُ أَحْيَاءٍ وَمَا يَشْعُرُونَ أَيَّانَ يُبْعَثُونَ (٢١) إِلَهُكُمْ إِلَهٌ وَاحِدٌ فَالَّذِينَ لا يُؤْمِنُونَ بِالآخِرَةِ قُلُوبُهُمْ مُنْكِرَةٌ وَهُمْ مُسْتَكْبِرُونَ (٢٢) لا جَرَمَ أَنَّ اللَّهَ يَعْلَمُ مَا يُسِرُّونَ وَمَا يُعْلِنُونَ إِنَّهُ لا يُحِبُّ الْمُسْتَكْبِرِينَ (٢٣)

Allah s.w.t. menciptakan segala sesuatu. Dia melimpahkan nikmat-nikmatNya kepada makhlukNya. Tidak ada yang serupa dan sebanding denganNya. ZatNya Mahabesar. Maka hanya Dia yang patut disembah. Untuk itu Allah s.w.t. berfirman,

"17. Maka apakah yang menciptakan seperti orang yang tidak menciptakan?" 

Allah s.w.t. yang menciptakan segala sesuatu itu, tidak sama dengan patung-patung. Mereka itu tidak dapat menciptakan sesuatu pun.

"Maka apakah kalian tidak mengambil pelajaran?"

Ambillah pelajaran dan sedarilah bahawa yang menciptakan itulah yang berhak untuk diibadati. Allah yang sebenarnya melimpahkan nikmat-nikmat dan kebaikan kepada makhlukNya. Ada di antara kalian yang lupa untuk bersyukur kepadaNya atas sebahagian dari nikmat yang telah diberikan kepadanya.

"18. Dan jika kalian menghitung nikmat Allah, kalian tidak dapat menghitungnya."

Sekiranya kalian dituntut untuk mensyukuri semua nikmatNya, tentulah kalian tidak akan mampu melakukannya. Seandainya kalian diperintahkan untuk itu, pastilah kalian lemah dan meninggalkannya (tidak dapat bersyukur secara semestinya). Seandainya Dia mengazab kalian, tentulah Dia berhak mengazab kalian tanpa berbuat aniaya terhadap kalian.

"Sesungguhnya Allah sungguh Maha Pengampun Maha Penyayang."

Akan tetapi, Dia Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Dia sentiasa memaafkan dan mengampuni dosa-dosa yang banyak dan membalas pahala kebaikan sekecil apa pun. Allah Maha Pengampun bila kalian bertaubat kepadaNya dan kembali kepadaNya dengan mengerjakan ketaatan kepadaNya serta menempuh jalan yang diridhaiNya.

Dia Maha Penyayang kepada kalian. Dia tidak mengazab kalian sesudah kalian kembali dan bertaubat kepadaNya. Bahkan Dia tetap memberimu nikmat walaupun kalian meremehkan perintahNya dan menderhakaiNya. Dia juga ridha dengan syukur kalian walaupun sedikit padahal nikmat-nikmatNya begitu banyak.

Sebagaimana rahmatNya begitu luas, kepemurahanNya merata, dan ampunanNya mengena kepada semua hamba, demikian pula ilmuNya meliputi mereka.

"19. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kalian sembunyikan dan apa yang kalian tampakkan." 

Dia mengetahui apa yang kalian sembunyikan, semua yang terkandung di dalam hati dan semua rahsia sebagaimana Dia mengetahui hal-hal yang lahir (nyata) dan apa yang kalian tunjukkan.

Di hari kiamat kelak Dia akan memberikan balasanNya kepada setiap orang sesuai dengan amal perbuatannya. Jika amal perbuatannya baik, maka balasannya baik; tetapi jika amal perbuatannya buruk, maka balasannya juga buruk.

"20. Dan orang-orang yang menyeru selain Allah, mereka tidak menciptakan sesuatu, dan mereka diciptakan." 

Allah s.w.t. menciptakan manusia dan semua makhluk. Berhala-berhala yang mereka seru selain Allah itu tidak dapat menciptakan sesuatu apa pun, bahkan berhala-berhala itu sendiri dicipta dan dibuat oleh manusia.

"21. Mereka mati, tidak hidup. Dan tidak mereka mengetahui bilakah mereka dibangkitkan." 

Sungguh sesat dan rosak akal orang-orang musyrik, mereka menyamakan sesuatu yang memiliki kekurangan dari berbagai sisi dengan yang memiliki kesempurnaan dari berbagai sisi. Berhala-berhala itu benda mati, tidak hidup, tidak bernyawa, tidak dapat mendengar, tidak dapat melihat, tidak mampu mencipta, tidak berakal dan tidak mengetahui yang ghaib.

Berhala-berhala itu tidak mengetahui bilakah hari kiamat terjadi dan bilakah penyembah-penyembahnya akan dibangkitkan. Maka mereka tidak layak disembah, tidak dapat diharapkan darinya manfaat, pahala atau balasan.

"22. Tuhan kalian Tuhan Yang Maha Esa." 

Sesungguhnya yang dapat diharapkan manfaat, pahala, dan balasannya hanyalah Tuhan yang mengetahui segala sesuatu, Dialah Yang menciptakan segala sesuatu. Tidak ada Tuhan selain Dia Yang Maha Esa, yang bergantung kepadaNya segala sesuatu. Tidak ada tandingan bagiNya baik dalam zat maupun sifat. Orang-orang yang berakal pasti akan mengetahui kekuasaan Allah s.w.t. pada makhlukNya. Maka mereka menyembahNya.

"Maka orang-orang yang mereka tidak beriman kepada hari akhir, hati mereka mengingkari," 

Maka orang yang tidak beriman kepada akhirat, hati mereka mengingkari keesaaan Allah. Mereka hairan apabila dikatakan bahawa Tuhan itu hanya Satu. Apabila hanya nama Allah saja yang disebut, kesallah hati mereka. Apabila nama sembahan-sembahan selain Allah yang disebut, tiba-tiba mereka gembira.

"dan mereka orang-orang yang sombong." 

Mereka tersesat dari jalan petunjuk dan tidak dapat mengambil pelajaran dari nikmat Allah. Maka mereka berpaling dan sombong. Mereka tidak mahu beriman, tidak mahu beribadah kepadaNya dan tidak mahu menyembah Allah.

Adapun orang-orang yang beriman dan berakal, maka mereka memuliakanNya, mengagungkanNya, mencintaiNya, dan mengarahkan kepadaNya semua ibadah yang mampu mereka lakukan baik berupa ibadah hati, ibadah ucapan dan perbuatan maupun ibadah harta, dan mereka memujiNya kerana nama-namaNya yang indah, sifat-sifat dan perbuatanNya yang suci.

"23. Tidak diragukan bahawasanya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka sembunyikan dan apa yang mereka tampakkan," 

Sesungguhnya Allah mengetahui amal-amal buruk yang mereka rahsiakan dan apa yang mereka lahirkan. Dia akan membalas mereka atas hal tersebut dengan balasan yang sempurna.

"Sungguh, Dia tidak menyukai orang-orang yang sombong." 

Bahkan Allah membenci mereka dan akan membalas amal perbuatan mereka. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembahNya akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina.

Tiada ulasan:

KANDUNGAN.

JUZUK 1. Isti'adzah.    Al Fatihah 1 , 2 , 3 , 4 , 5 , 6 , 7 . Al Baqarah 1-5 , 6-7 , 8-9 , 10-16 , 17-20 , 21-25 , 26-27 , 28-29 , 3...