Isnin, 3 Jun 2019

64:1-4 Tafsir Surah At Taghabun, ayat 1-4.

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.

  يُسَبِّحُ لِلَّهِ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الأرْضِ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ (١) هُوَ الَّذِي خَلَقَكُمْ فَمِنْكُمْ كَافِرٌ وَمِنْكُمْ مُؤْمِنٌ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ بَصِيرٌ (٢) خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالأرْضَ بِالْحَقِّ وَصَوَّرَكُمْ فَأَحْسَنَ صُوَرَكُمْ وَإِلَيْهِ الْمَصِيرُ (٣) يَعْلَمُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَالأرْضِ وَيَعْلَمُ مَا تُسِرُّونَ وَمَا تُعْلِنُونَ وَاللَّهُ عَلِيمٌ بِذَاتِ الصُّدُورِ (٤)

Allah s.w.t. berfirman,

"1. Senantiasa bertasbih kepada Allah apa yang di langit dan apa yang di bumi;"

Semua makhluk yang ada di langit dan yang ada di bumi senantiasa bertasbih menyucikan Allah, Tuhan yang telah menciptakan mereka dan yang memiliki mereka.

"bagiNya kerajaan dan bagiNya segala puji;"

MilikNya semua kerajaan. Hanya Dialah Yang mengatur semua makhluk. Tidak ada satu pun makhluk yang keluar dari milikNya.

BagiNya semua puji-pujian. Dia terpuji dalam semua yang diciptakan dan yang ditetapkanNya. Dia terpuji kerana sifat-sifat sempurna yang dimilikiNya, apa yang diwujudkanNya, hukum-hukum yang disyariatkanNya dan nikmat-nikmat yang diberikanNya.

"dan Dia atas segala sesuatu Mahakuasa."

Dia Mahakuasa atas segala sesuatu. Apa pun yang dikehendakiNya pasti ada, tanpa ada yang menolak atau menghalang-halangiNya, dan apa saja yang tidak dikehendakiNya pasti tidak akan terjadi. KekuasaanNya menyeluruh. Semua yang ada tidak lepas dari kekuasaanNya. Tidak ada sesuatu pun yang dapat melemahkan keinginanNya.

"2. Dialah Yang menciptakan kalian, maka di antara kalian orang yang kafir dan di antara kalian orang yang beriman."

Dialah Yang menciptakan kalian. Maka sudah dipastikan adanya orang yang beriman dan orang yang kafir. Dia membebankan perintah dan larangan atas kalian. Maka di antara kalian ada yang kafir dan ada yang beriman.

Keimanan dan kekafiran kalian adalah dengan qadha’ Allah dan qadarNya. Dialah yang menghendaki hal itu dengan memberikan kepada kalian kemampuan dan keinginan sehingga kalian dapat melakukan apa yang kalian inginkan. Namun apa yang Dia kehendaki tidak semestinya dicintaiNya.

"Dan Allah dengan apa yang kalian kerjakan Maha Melihat."

Allah Maha Melihat siapakah yang berhak mendapat hidayah (petunjuk) dan siapakah dari kalian yang berhak mendapat kesesatan. Dia Maha Menyaksikan semua amal perbuatan hamba-hambaNya, dan kelak Dia akan mengadakan pembalasan terhadap mereka atas semuanya itu dengan pembalasan yang sempurna.

"3. Dia menciptakan langit dan bumi dengan hak,"

Allah menciptakan langit dan bumi dan semua yang ada di sana dengan tujuan yang benar, iaitu dengan hikmah (tepat), tujuan yang diinginkanNya, adil dan bijaksana.

"dan Dia membentuk rupa kalian lalu Dia baguskan bentuk kalian,"

Dia membentuk rupa kalian lalu memperbaguskan rupa kalian, iaitu Dia menjadikan indah rupa dan bentukmu. Oleh kerana itu, manusia adalah makhluk yang paling baik rupanya dan paling indah dipandang.

"dan kepadaNyalah tempat kembali."

Hanya kepadaNyalah kalian dipulangkan dan dikembalikan pada hari Kiamat, lalu Dia membalas keimanan dan kekafiran kalian dan menanyakan kepada kalian tentang berbagai nikmat yang diberikanNya kepada kalian, adakah kalian mensyukurinya atau tidak.

"4. Dia mengetahui apa yang di langit dan di bumi,"

PengetahuanNya merata dan meliputi semua makhlukNya yang ada di langit dan di bumi serta semua jiwa.

"dan Dia mengetahui apa yang kalian rahsiakan dan apa yang kalian nyatakan."

Dia mengetahui baik yang kalian rahsiakan maupun yang kalian tampakkan, yang ghaib maupun yang nyata.

"Dan Allah Maha Mengetahui dengan apa yang ada dalam dada."

Allah Maha Mengetahui segala isi hati, baik rahsia yang baik maupun yang buruk, niat yang baik maupun yang buruk dan keyakinan. Orang-orang yang berakal dan berpandangan tajam akan berusaha menjaga batinnya dari akhlak yang buruk serta menyifatinya dengan akhlak yang mulia.

Tiada ulasan:

KANDUNGAN.

JUZUK 1. Isti'adzah.    Al Fatihah 1 , 2 , 3 , 4 , 5 , 6 , 7 . Al Baqarah 1-5 , 6-7 , 8-9 , 10-16 , 17-20 , 21-25 , 26-27 , 28-29 , 3...